Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan » Republik Indonesia
Jakarta, Kemendikdasmen
– Ajang Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI) 2024 kembali mencatat prestasi luar biasa. Salah satu inovasi yang menarik adalah “Petualangan Angka Bersama APIN,” sebuah gim edukasi interaktif yang dirancang oleh Angel Anlee, siswa kelas 2 dari SMA Tarakanita 2 Jakarta. Angel, yang mewakili tim sekolah dengan sebutan “2 Tarki,” sukses meraih penghargaan di kategori Produk Digital dan Teknologi Pendidikan.Dalam wawancara singkat, Angel menjelaskan bahwa produk yang dikembangkannya adalah gim edukasi interaktif berjudul “Petualangan Angka Bersama APIN.” Gim ini dirancang untuk anak-anak usia dini dengan tujuan memperkenalkan konsep angka dan berhitung melalui cara yang menyenangkan. “Gim ini menggabungkan proses belajar berhitung dengan elemen permainan, menciptakan pengalaman belajar yang menyenangkan dan interaktif,” ujar Angel.
Motivasi Angel dalam menciptakan gim ini muncul dari keprihatinannya terhadap metode pembelajaran angka yang kurang menarik bagi anak-anak. “Sering kali, anak-anak merasa bosan ketika belajar angka dengan metode tradisional. Saya ingin menghadirkan pengalaman belajar yang berbeda, yang tidak hanya mendidik tetapi juga menghibur,” tambahnya. Dengan latar belakang ini, Angel berharap dapat memberikan solusi yang mendukung perkembangan kognitif dan sosial anak di era digital saat ini.
Proses pengembangan “Petualangan Angka Bersama APIN” tidaklah mudah. Salah satu tantangan terbesar yang dihadapi Angel adalah menciptakan keseimbangan antara elemen edukasi dan hiburan dalam gim. “Saya harus memastikan bahwa game ini tidak hanya seru dimainkan, tetapi juga memiliki manfaat edukatif yang jelas. Antarmuka gim juga harus ramah anak dan mudah dimengerti,” jelas Angel.
Untuk mengatasi tantangan ini, Angel melakukan serangkaian uji coba langsung dengan anak-anak usia dini serta berkonsultasi dengan guru dan pakar pendidikan. “Feedback dari pengguna sangat membantu dalam mengidentifikasi apa yang perlu diperbaiki. Misalnya, saya menyesuaikan level kesulitan dan menambahkan fitur interaktif agar anak-anak lebih tertarik dan termotivasi dalam bermain sambil belajar,” katanya. Proses literasi dan penyempurnaan ini membawa gim “Petualangan Angka Bersama APIN” ke bentuk yang optimal sesuai target pengguna.
Keberhasilan Angel di ajang FIKSI 2024 memberikan pelajaran berharga tentang pentingnya inovasi dan keberanian untuk mencoba hal baru. “Mengikuti FIKSI mengajarkan saya untuk tidak takut gagal dan terus berusaha memperbaiki produk berdasarkan umpan balik. Saya belajar bahwa inovasi terbaik adalah yang dapat memberikan solusi nyata bagi masyarakat,” kata Angel penuh semangat.
Gim “Petualangan Angka Bersama APIN” membawa dampak positif bagi masyarakat, terutama dalam sektor pendidikan anak usia dini. Dengan menghadirkan konsep pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan, game ini diharapkan dapat membantu anak-anak lebih antusias dalam belajar angka dan berhitung. “Saya berharap gim ini dapat memudahkan para pendidik dan orang tua dalam memberikan materi edukasi yang relevan dan menyenangkan,” ujar Angel.
Prestasi yang diraih Angel di FIKSI 2024 tidak hanya menjadi pencapaian pribadi, tetapi juga merupakan bukti bahwa anak muda Indonesia mampu menciptakan inovasi yang bermanfaat bagi masa depan bangsa. “Saya sangat bangga bisa menjadi bagian dari FIKSI 2024. Pengalaman ini menunjukkan bahwa dengan dedikasi dan kerja keras, kita bisa memberikan kontribusi yang berarti,” tutur Angel.
Angel juga menyampaikan pesan bagi generasi muda lainnya untuk tidak takut berinovasi dan selalu percaya pada ide-ide mereka. “Jangan pernah meremehkan ide kecil yang kita miliki. Jika dikembangkan dengan sungguh-sungguh, ide tersebut bisa menjadi solusi besar bagi permasalahan di sekitar kita,” katanya dengan penuh keyakinan.
Setelah sukses di ajang FIKSI 2024, Angel memiliki rencana jangka panjang untuk terus mengembangkan produk ini agar semakin bermanfaat dan berkualitas. “Saya ingin menambahkan lebih banyak mini gim dan aktivitas yang mendukung perkembangan kognitif serta sosial anak-anak. Selain itu, saya berencana memperluas platform gim agar dapat diakses melalui berbagai perangkat dan institusi pendidikan,” jelas Angel.
Angel juga berencana menjalin kerja sama dengan sekolah-sekolah PAUD dan institusi pendidikan lainnya untuk memperluas jangkauan pengguna. “Saya berharap dengan inovasi yang berkelanjutan, gim edukasi ‘Petualangan Angka Bersama APIN’ bisa menjadi alat bantu belajar yang semakin bermanfaat dan relevan bagi pendidikan anak-anak di Indonesia,” tambahnya.
Ajang FIKSI 2024 telah membuktikan bahwa generasi muda Indonesia memiliki potensi besar dalam menciptakan solusi inovatif yang dapat berdampak positif bagi masyarakat. Melalui karya seperti “Petualangan Angka Bersama APIN,” kita dapat melihat bagaimana ide sederhana yang dikembangkan dengan kreativitas dan dedikasi mampu memberikan perubahan nyata dalam dunia pendidikan.
Keberhasilan Angel Anlee dari SMA Tarakanita 2 Jakarta menjadi inspirasi bagi para siswa lain untuk terus berinovasi dan mengembangkan kemampuan mereka. Dengan dukungan dari berbagai pihak, inovasi yang dihasilkan generasi muda seperti Angel dapat membantu membangun masa depan Indonesia yang lebih cerdas, kreatif, dan berdaya saing di tingkat global.*** (Penulis: Afifah Indah Syafitri/Editor: Denty A.)